Selamat Datang di WISATA WONG KITO GALO DI KOTA PALEMBANG 2015 - Ayo Kunjungi wisata-wisata yang ada di kota Palembang

Pages

Jumat, 06 Juni 2014

Objek Wisata

 




Kota Palembang ini adalah kota terbesar kedua di pulau Sumatera setelah kota Medan.
Banyak sekekali wisata kuliner yang dapat anda cicipi, selain itu banyak seni budaya dan sejarah, banyak pula objek wisata alam dan religi yang terdapat di Palembang.Perjalanan wisata menuju tempat wisata di Palembang diawali dengan menggunakan transportasi udara menuju bandara Sultan Badaruddin di kota Palembang. Setelah itu, jalan-jalan ke tempat wisata di Palembang dilanjutkan dengan kendaraan darat menuju sejumlah lokasi wisata menarik. Khusus untuk jalan-jalan wisata di Sungai Musi, kamu harus mencoba jelajahi dengan perahu getek yang bisa di sewa dari masyarakat sekitar sungai.
Berikut ini adalah beberapa daftar tempat wisata-wisata yang ada di Kota Palembang yang akan Yoga Pradifta jelaskan dan yang dapat anda jadikan sebagai pilihan objek wisata saat liburan nantinya.

1. Sungai Musi: Wisata Apung Tempat Wisata di Palembang

Aliran Sungai Musi berasal dari sejumlah anak sungai yang tersebar di propinsi Sumatera Selatan seperti Sungai Air Rawas dan Sungai Batanghari Leko. Sungai Musi membelah kota Palembang menjadi dua bagian. Bagi kamu yang ingin menikmati sensasi menjelajahi Kota Palembang dengan perahu, kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Palembang yang satu ini.

Di atas Sungai Musi ini terdapat beragam kegiatan ekonomi warga. Mulai dari restoran terapung, pasar terapung, tempat pengisian bahan bakar minyak terapung dan tentu saja kegiatan menangkap ikan. Karena keindahan Sungai Musi inilah maka kota Palembang disebut juga sebagai Kota Venezia dari Timur. Tempat wisata di Palembang yang satu ini bisa kamu jelajahi menggunakan perahu tradisional.
     

2. Jembatan Ampera: Ikon Tempat Wisata di Palembang

Jika kita bicara tempat wisata di Palembang dan Sungai Musi, maka ingatan kita tidak akan lupa kepada Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat). Jembatan legendaris yang menjadi simbol kota Palembang ini dibangun pada masa Pemerintahan Presiden Soekarno dengan bantuan negara Jepang. Sungai Musi membelah kota Palembang menjadi dua bagian, yaitu Palembang Hulu dan Palembang Hilir. Dan Jembatan Ampera menghubungan dua bagian kota ini menjadi satu.
Pemandangan terbaik Jembatan Ampera bisa kita dapatkan pada waktu malam hari. Tempat wisata di Palembang ini terdapat barisan lampu yang bercahaya terang di malam hari membentuk keindahan malam. Lokasi Jembatan Ampera merupakan obyek wisata favorit di Palembang tempat berkumpulnya anak muda disana. Saat liburan ke tempat wisata di Palembang, pastikan Anda tidak akan melewatkan berkunjung ke Jembatan Ampera.
     

3.  Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak dan Jembatan Ampera merupakan tujuan wisata yang satu paket. Sebab bila ke Ampera pasti kita melewati Benteng Kuto Besak. Karena sekarang tidak diperbolehkan untuk berfoto ria di areal Jembatan Ampera ketika siang dimana lalu lintas jalan sangat padat. Banyak orang memilih mengambil foto Jembatan Ampera dari Benteng Kuto Besak, yang konon merupakan benteng andalan Wong Kito untuk menangkal serangan para penjajah.
          

4. Monumen Penderitaan Rakyat

Monpera teletak mengapit duo ikon wisata Kota Palembang, yaitu Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak. Sesuai namanya, monumen ini berisi tentang peninggalan masa penjajahan. Buat kamu yang mencintai sejarah dan ingin belajar budaya lokal, bisa mengunjungi monumen ini untuk mendapatkan pengetahuan dan referensi baru seputar keadaan Indonesia sebelum merdeka.


4. Pulau Kemaro: Tempat Wisata di Palembang Yang Legendaris

Tempat wisata di Palembang berikutnya adalah Pulau Kemaro yang legendaris. Pulau Kemaro terletak di tengah-tengah sungai Musi. Asal usul Pulau Kemaro menurut cerita rakyat adalah berasal dari sepasang kekasih keturunan China yang tidak direstui oleh orang tuanya. Konon suatu saat kota Palembang pernah mengalami musim kemarau panjang namun hanya tanaman pulau tersebut yang tetap subur dan tidak mengalami kemarau.
Di Pulau Kemaro terdapat sebuah klenteng yang diyakini sebagai tempat pemakaman sepasang kekasih tersebut. Klenteng tersebut menjadi tujuan utama tempat wisata di Palembang ini. Banyak warga keturunan China maupun wisatawan dalam dan luar negeri yang berziarah ke klenteng maupun sekedar melihat dan mengabadikan gambar keindahan Pulau Kemaro.
        

5. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung merupakan masjid terbesar yang ada di Palembang. Letaknya yang berdekatan dengan pusat kota menjadikan masjid ini selalu ramai jamaah yang ingin beristirahat sejenak ataupun beribadah. Lokasinya yang tidak jauh dari 3 areal wisata diatas, menjadikan masjid ini mau tidak mau menjadi salah satu destinasi wisata wisatawan.
                 

6. Kambang Iwak Family (KIF) Park

Kambang Iwak bisa dikatakan sebagai tempat nongkrongnya anak gaul Palembang. Bagaimana tidak, hampir semua klub ataupun komunitas memiliki agenda di tempat ini. Selain tempatnya yang asri dan nyaman, KIF Park juga sangat baik menarik bagi wisatawan karena selain bisa berwisata, di KIF Park wisatawan juga bisa sambil berolahraga. Kambang Iwak sendiri merupakan danau buatan yang telah ada sejak jaman Belanda (kalo enggak salah).
       

7. Taman Purbakala Bukit Siguntang

Taman Purbakala Bukit Siguntang, terletak di derah barat Kota Palembang. Bukit Siguntang merupakan salah satu tempat wisata yang bernilai historis tinggi. Tempat ini merupakan areal pemakaman makan-makam kuno dari jaman Kerajaan Sriwijaya. Sayangnya,tempat wisata yang bernilai historis sangat tinggi ini, seperti diabaikan begitu saja, tanpa perawatan yg baik.
              

8. Punti Kayu

Hutan Wisata Punti Kayu, sebuah hutan wisata kota yang terletak sekitar 7 km dari pusat kota dengan luas 50 ha dan sejak tahun 1998 ditetapkan sebagai hutan lindung. Didalam hutan ini terdapat area rekreasi keluarga dan menjadi tempat hunian hewan” yg di lindungi.
           

9. Kawah Tekurep

Kompleks pemakaman raja jaman Kerajaan Palembang Darussalam. Di kompleks pemakaman ini disemayamkan Sultan Mahmud Badarudin 1, sang pendiri Kesultanan Palembang Darussalam. Kompleks ini sekarang kurang begitu terawat. Tapi buat kamu yang suka tempat bersejarah, lumayan asik kok muter-muter di kompleks ini.
                   
Cobalah untuk berkunjung ke beberapa objek wisata di kota Palembang diatas apabila anda ingin menghabiskan waktu liburan di Kota Palembang Sumatera Selatan. Sekian penjelasan tentang objek wisata yang ada di kota Palembang.
Salam hangat "WONG KITO GALO"   
Palembang, South Sumatera - Indonesia

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar